Di dalam sebuah usaha, perusahaan, ataupun organisasi
tentunya memiliki tujuan untuk beroperasi secara produktif, konsisten, efektif,
efesien, sistematis, dan juga terkelola dengan baik. Namun untuk mencapai semua
itu suatu usaha atau perusahaan akan dihadapkan pada tantangan sebagai berikut
:
- Tingkat kesulitan operasional yang semakin tinggi sehingga menyebabkan semakin tingginya resiko kesalahan atau penyimpangan.
- Tuntutan pelanggan yang semakin tinggi terhadap kualitas pelayanan sebuah perusahaan.
- Semakin banyaknya persyaratan legal dan peraturan yang harus dipatuhi perusahaan.
Operasional sebuah usaha atau perusahaan dapat
terlaksana dan berjalan dengan baik maka diperlukan sebuah panduan yang disebut
SOP (Standard Operational Procedure). Dengan kata lain SOP dapat didefinisikan lebih luas yaitu
sebagai dokumen yang menjabarkan aktivitas operasional yang dilaksanakan
sehari-hari dengan tujuan agar pekerjaan tersebut dilaksanakan secara baik,
benar, tepat dan konsisten agar dapat menghasilkan produk sesuai standar yang
ditetapkan oleh suatu usaha atau perusahaan.
Dengan demikian disetiap usaha ataupun perusahaan yang
dibangun hendaknya memiliki SOP (Standar Operational Procedure). Begitu juga
dengan usaha minimarket, SOP dalam menjalankan operasional minimarketnya harus
jelas, tidak hanya sebatas jual beli, tidak hanya sebatas display barang atau
produk, tidak juga hanya sebatas buka tutup toko, tetapi SOP yang benar-benar
mendukung untuk berjalan dan berkembangnya usaha minimarket tersebut. Sebagai
Konsultan Minimarket, terkadang cukup tersenyum begitu melihat banyaknya
ritel-ritel minimarket berkembang hanya sebatas buka toko dengan konsep sama,
tetapi seringkali terlihat secara keseluruhan bahwa usaha minimarket yang
dibuka tersebut hanyalah usaha yang berjalan apa adanya. Konsep boleh modern,
tetapi sangat disayangkan pengelola dan juga pelaksana tidak paham apa itu
ritel modern sebenarnya. Sebagai contoh, terkadang SOP pelayanan pelanggan pun
dianggap tidak harus dijalankan atau bahkan dirasakan tidak perlu untuk ada
lagi dalam usaha minimarket yang sudah berjalan yang penting buka, konsumen
datang, terjadi transaksi maka selesai. Namun tidak terlihat instant hasilnya,
beberapa waktu ke depan akan terlihat dari mengesampingkan salah satu SOP
seperti SOP Customer Service (Pelayanan Pelanggan) jika tidak dijalankan oleh
pemilik, pengelola apalagi pelaksana operasional harian. TInggal tunggu waktu,
konsumen berkurang dan akan habis dengan sendirinya alias tutup usaha.
Sulitkah membuat sebuah SOP ? Tidak, tetapi menerapkan dalam kegiatan
usaha itu yang butuh waktu sosialisasi berulang dan tegas atau konsisten. Jika
ada yang membutuhkan konsultasi dan bantuan dalam pembuatan SOP dan
penerapannya terhadap karyawan minimarket anda, silahkan konsultasikan dengan
Konsultan Minimarket yang benar-benar memiliki pengalaman dalam pembuatan
maupun penerapan SOP usaha minimarket sebenarnya. Teori semua bisa, membuat SOP
mudah, Penerapan dan Pelaksanaan…?
No comments:
Post a Comment