Saturday, January 16, 2016

Konsultan Minimarket Info : Defenisi Dasar SOP (Standard Operational Procedure)

Di dalam sebuah usaha, perusahaan, ataupun organisasi tentunya memiliki tujuan untuk beroperasi secara produktif, konsisten, efektif, efesien, sistematis, dan juga terkelola dengan baik. Namun untuk mencapai semua itu suatu usaha atau perusahaan akan dihadapkan pada tantangan sebagai berikut :
  • Tingkat kesulitan operasional yang semakin tinggi sehingga menyebabkan semakin tingginya resiko kesalahan atau penyimpangan.
  • Tuntutan pelanggan yang semakin tinggi terhadap kualitas pelayanan sebuah perusahaan.
  • Semakin banyaknya persyaratan legal dan peraturan yang harus dipatuhi perusahaan.

Operasional sebuah usaha atau perusahaan dapat terlaksana dan berjalan dengan baik maka diperlukan sebuah panduan yang disebut SOP (Standard Operational Procedure). Dengan kata lain SOP dapat didefinisikan lebih luas yaitu sebagai dokumen yang menjabarkan aktivitas operasional yang dilaksanakan sehari-hari dengan tujuan agar pekerjaan tersebut dilaksanakan secara baik, benar, tepat dan konsisten agar dapat menghasilkan produk sesuai standar yang ditetapkan oleh suatu usaha atau perusahaan. 

Dengan demikian disetiap usaha ataupun perusahaan yang dibangun hendaknya memiliki SOP (Standar Operational Procedure). Begitu juga dengan usaha minimarket, SOP dalam menjalankan operasional minimarketnya harus jelas, tidak hanya sebatas jual beli, tidak hanya sebatas display barang atau produk, tidak juga hanya sebatas buka tutup toko, tetapi SOP yang benar-benar mendukung untuk berjalan dan berkembangnya usaha minimarket tersebut. Sebagai Konsultan Minimarket, terkadang cukup tersenyum begitu melihat banyaknya ritel-ritel minimarket berkembang hanya sebatas buka toko dengan konsep sama, tetapi seringkali terlihat secara keseluruhan bahwa usaha minimarket yang dibuka tersebut hanyalah usaha yang berjalan apa adanya. Konsep boleh modern, tetapi sangat disayangkan pengelola dan juga pelaksana tidak paham apa itu ritel modern sebenarnya. Sebagai contoh, terkadang SOP pelayanan pelanggan pun dianggap tidak harus dijalankan atau bahkan dirasakan tidak perlu untuk ada lagi dalam usaha minimarket yang sudah berjalan yang penting buka, konsumen datang, terjadi transaksi maka selesai. Namun tidak terlihat instant hasilnya, beberapa waktu ke depan akan terlihat dari mengesampingkan salah satu SOP seperti SOP Customer Service (Pelayanan Pelanggan) jika tidak dijalankan oleh pemilik, pengelola apalagi pelaksana operasional harian. TInggal tunggu waktu, konsumen berkurang dan akan habis dengan sendirinya alias tutup usaha.


Sulitkah membuat sebuah SOP ? Tidak, tetapi menerapkan dalam kegiatan usaha itu yang butuh waktu sosialisasi berulang dan tegas atau konsisten. Jika ada yang membutuhkan konsultasi dan bantuan dalam pembuatan SOP dan penerapannya terhadap karyawan minimarket anda, silahkan konsultasikan dengan Konsultan Minimarket yang benar-benar memiliki pengalaman dalam pembuatan maupun penerapan SOP usaha minimarket sebenarnya. Teori semua bisa, membuat SOP mudah, Penerapan dan Pelaksanaan…? 

No comments:

Post a Comment

Link List

Blog Masterminimarket
Jasa Konsultan Minimarket
EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!