Dalam bisnis ritel, khususnya ritel modern seperti minimarket, customer service atau pelayanan pelanggan menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan agar pelanggan kita datang kembali dikarenakan kenyamanan yang di dapat. Customer service yang baik saat ini sudah jarang sekali untuk didapatkan dari karyawan minimarket baik lokal maupun level nasional sekalipun. Customer service yang dilakukan hanya setengah hati dan kesan terpaksanya dikarenakan kewajiban sangat terlihat. SDM yang ada saat ini tidak memahami apa itu customer service sebenarnya sehingga banyak pelanggan yang merasa tidak puas alias kecewa. Jika kita ingin membesarkan sebuah bisnis minimarket hindari hal tersebut. Berikut setidaknya ada 5 hal yang menyebabkan pelanggan minimarket kita kabur dan harus dihindari :
- Salah menentukan harga, perlu diingat banyak hal variabel terkait dalam penentuan harga jual suatu produk. Jangan sampai salah menetapkan harga, apalagi harga tersebut sudah sampai di mata pelanggan kita. Pelanggan tidak akan mau tahu dengan kesalahan yang dibuat oleh manajemen minimarket kita disaat pelanggan melakukan transaksi dan ternyata ada selisih harga antara yang dilihat dengan yang di sistem. Human error yang sering terjadi saat ini.