Monday, January 25, 2016

Tips Konsultan Minimarket - Prosedur Standar Pengaturan Shift Kerja Karyawan Minimarket

Konsultan minimarket ingin berbagi tips prosedur standar pengaturan shift kerja karyawan minimarket agar aktifitas bisnis minimarket anda dapat berjalan dengan baik. Berikut pengaturan shift kerja dengan sistem kerja 2 shift :
jasa konsultan minimarket
Ide - Konsultan Minimarket - Modern
  1. Jumlah karyawan minimarket anda bagi menjadi 2 bagian merata. Sebagai contoh Jika total karyawan minimarket anda 10 maka bagi menjadi 5 shift pagi dan 5 shift siang.
  2. Kemudian buat jadwal ke dalam sebuah tabel di excel.
  3. Setiap kelompok shift kerja akan mendapat giliran merasakan shift pagi dan siang setiap 1 minggu sekali agar terlihat adilnya semua karyawam minimarket merasakan hal yang sama.
  4. Setiap hari pada jam pertemuan shift pastikan karyawan shift pagi memanfaatkan waktu berkomunikasi minimal 15 menit - 30 menit perihal aktifitas yang berlangsung.
  5. Pola libur bisa dibuat 6 : 1 atau 5 : 1 artinya setiap 6 hari kerja karyawan minimarket anda berhak mendapatkan libur 1 hari.
  6. Setiap karyawan minimarket juga berhak merasakan libur kerja di hari sabtu atau minggu minimal 1 kali dalam sebulan secara bergilir. Jangan anda paksakan karyawan minimarket anda untuk tidak diberikan hak libur di hari sabtu atau minggu. Yang sering konsultan minimarket temukan adalah pemilik atau pengelola bisnis minimarket sering kali memaksakan kehendak untuk tidak memberikan kesempatan libur karyawan minimarket dengan alasan hari sabtu atau minggu adalah hari ramainya penjualan. Benar dan tidak salah, tetapi hal yang demikian efeknya buruk terhadap psikologis karyawan minimarket anda. Konsultan minimarket sering menjumpai hal tersebut menjadi penyebab sering mangkirnya karyawan minimarket tersebut pada hari sabtu, minggu atau tanggal merah tertentu dengan berbagai alasan. Hal ini efeknya tidak akan baik buat bisnis minimarket anda. Rejeki hadir bukan hanya di hari sabtu atau minggu, semua hari memiliki peluang terbaik dalam berjualan. So berlakulah bijaksana disaat anda sebagai pengelola ataupun pemilik bisnis minimarket, Jika anda membuat situasi nyaman untuk karyawan minimarket anda, maka segala sesuatunya akan nyaman pula bagi bisnis minimarket anda.
  7. Jika karyawan minimarket yang tetap bekerja pada hari libur besar khusus yang tertera pada kalender nasional, maka karyawan tersebut mendapatkan jatah cuti/libur istimewa yang bisa diambilnya kapan saja dengan tetap mengajukan terlebih dahulu jatah yang akan diambil. Namun bisa juga anda berikan berupa hitungan lembur sebagaimana tercantum dalam undang-undang tenaga kerja. Ingat ya, jangan takut untuk mengeluarkan hak karyawan minimarket kita, karena rejeki akan datang kembali lebih baik jika kita tidak menahan hak karyawan minimarket kita.
  8. Untuk jadwal shift kerja pada bulan berikutnya, setiap kelompok shift kerja yang ada atau penanggung jawab minimarket sudah membuat schedule baru setidaknya 1 minggu sebelum berakhirnya bulan. Pastikan pembuatan dilakukan koordinasi ke seluruh karyawan minimarket yang ada, mana tahu ada yang ingin mengambil hak cuti/libur istimewanya.
  9. Jika dalam berjalannya waktu ada aktifitas yang memerlukan penambahan karyawan minimarket yang diambil dari shift berlawanan, tidak diperlukan perubahan pada schedule utama, cukup buatkan form lembur untuk karyawan yang ditarik dari schedule awalnya untuk melanjutkan ke jam berikutnya.
  10. Jika pun ada perubahan yang akan dilakukan pada saat bulan berjalan, maka setiap perubahan jadwal kerja karyawan minimarket tersebut wajib dilaporkan kepada penanggung jawab utama minimarket tersebut. Tidak di perbolehkan karyawan minimarket melakukan perubahan dengan sendirinya.
  11. Buatlah pengaturan shift kerja karyawan minimarket anda seadil dan senyaman mungkin untuk berlangsungnya bisnis minimarket yang kondusif pula. Roda bisnis minimarket anda bergantung dengan tingkat kenyamanan karyawan minimarket anda. Jangan pernah lupakan hal ini. Sisi psikologis manusia tidak bisa anda lawan demi hanya mengejar keuntungan bisnis saja. Bisnis apapun akan maju jika karyawannya sejahtera, nyaman dan merasakan kondisi kekeluargaan, dan sikap bijak dari sang pemimpin atau pemilik bisnis. Tinggalkan sikap arogansi dalam pengelolaan bisnis khususnya anda yang ingin bisnis minimarket anda berjalan untuk jangka panjang dan dapat berkompetisi dengan minimarket lainnya.
  12. Berikan sanksi yang sepantasnya dan sesuai dengan aturan tata tertib bisnis minimarket yang ada jika karyawan tidak mengikuti shift kerja yang sudah ditetapkan, mulai dari teguran lisan, tulisan hingga pemberhentian kontrak kerja jika memang karyawan minimarket anda melakukan tindakan indisipliner dalam kerja.
Demikian tips konsultan minimarket saat ini. Kami konsultan minimarket akan terus mengupdate hal-hal yang perlu dalam pendirian, pengelolaan maupun pengembangan bisnis minimarket. Jangan ragu juga untuk anda menggunakan jasa konsultan kami jika ada hal-hal yang anda rasa perlu untuk pendampingan dalam pengelolaan maupun pengembangan bisnis minimarket. Jasa konsultan minimarket kami akan menjadi mitra investasi bisnis minimarket untuk wilayah Medan dan Seluruh Indonesia. Salam Sukses.

Ide Konsultan Minimarket Modern - Jasa Konsultan Minimarket Modern untuk wilayah Medan dan Seluruh Indonesia - Mitra Investasi Bisnis Minimarket Anda.

2 comments:

  1. Replies
    1. Terima Kasih Mas. Jika berminat buka minimarket, silahkan contact ya. Salam Sukses

      Delete

Link List

Blog Masterminimarket
Jasa Konsultan Minimarket
EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!