Monday, January 25, 2016

Tips Konsultan Minimarket - Prosedur Standar Kasir Minimarket

Berikut konsultan minimarket ingin berbagi prosedur standar kasir minimarket dalam aktifitas hariannya :
  1. Untuk shift pagi, kepala kasir minimarket atau penanggung jawab keuangan minimarket wajib menyerahkan uang modal kepada masing-masing kasir minimarket yang bertugas pada shift pagi tersebut. Komposisi uang modal tersebut adalah terdiri dari uang pecahan logam maupun kertas dengan tiap nominal yang ada pada mata uang rupiah diberikan dengan hitungan yang sudah ditetapkan sebagai modal awal. Misalkan modal awal untuk seorang kasir minimarket adalah 200 ribu atau 500 ribu atau 1 juta rupiah tiap kasirnya, itu tergantung kebijakan minimarket anda dan juga disesuaikan dengan kondisi minimarket anda yang ada. Konsultan minimarket sarankan untuk tidak memberikan uang modal yang terlalu banyak.
  2. Setelah itu kasir minimarket yang bertugas menempati meja kasir yang sudah dibagi juga oleh penanggung jawab minimarket jika terdapat beberapa meja kasir dalam satu minimarket tersebut agar lebih mudah terkontrol siapa dan dimana ia ditempatkan.
  3. Kasir minimarket tersebut melakukan Log In pada sistem POS yang tersedia dan memasukkan nominal uang modal yang ia terima kedalam sistem (jika POS tersebut menyediakan program input modal awal), kemudian menyusun uang modal tersebut pada cash drawer yang tersedia agar saat buka toko dan transaksi awal tidak bingung lagi untuk pengembalian.
  4. Pada saat setiap pergantian shift, baik sementara saat hendak makan maupun pergantian shift tetap, kasir minimarket wajib mengosongkan cash drawernya dan melakukan log out agar orang pengganti atau siapapun tidak bisa memakai password kasir tersebut. Tidak diperkenankan untuk bertukar shift dengan cara hanya orangnya saja yang berganti (biasanya karena ingin istirahat makan, maka temannya mengganti sementara tanpa menutup dulu semua aktifitas utama) hal ini akan mengakibatkan sering terjadinya selisih paham antara karyawan minimarket akibat terjadinya selisih ataupun kehilangan uang disaat pergantian sementara.
  5. Setelah serah terima, kasir yang melakukan penggantian shift sementara ataupun tetap, wajib menyetorkan terlebih dahulu uang yang ada sebelum istirahat ataupun mengakhiri jam kerjanya kepada kepala kasir atau penanggung jawab minimarket.
  6. Selanjutnya penanggung jawab minimarket wajib melakukan pengecekan melalui sistem POS yang ada hasil dari keseluruhan transaksi yang terjadi di mesin kasir yang dipergunakan oleh kasir minimarket yang bertugas tersebut.
  7. Jika terjadi selisih saat pengecekan, maka penanggung jawab minimarket bersama kasir minimarket tersebut melakukan cek ulang sebelum akhirnya diputuskan selisih atau tidak. Yang selanjutnya lakukan pencatatan jika terjadi selisih pada saat itu dan ditandatangani oleh kasir minimarket yang bertugas tersebut.
  8. Selisih yang terjadi wajib diganti oleh kasir minimarket yang bertugas. Jika selisih lebih dikumpulkan dalam satu tempat untuk nantinya setiap bulan dihitung dan disetorkan pula. Jika selisih kurang yang terjadi maka penggantian bisa dilakukan dengan pemotongan gaji.
  9. Seluruh hasil penjualan harian wajib disetorkan maksimal esok paginya. Tidak diperkenankan uang mengendap berhari di  minimarket anda.
  10. Kejujuran dan ketelitian sangat diperlukan oleh seorang kepala kasir ataupun penanggung jawab minimarket dalam hal ini. Banyak cara kecurangan yang sering terjadi dilakukan oleh oknum kasir minimarket dengan berbagai macam alasan.
jasa konsultan minimarket
Ide - Konsultan Minimarket - Modern
Pastikan minimarket anda tidak salah dalam merekrut karyawan untuk posisi kasir minimarket, kejujuran, ketelitian, ramah menjadi poin utama dalam memilih kasir di bisnis minimarket anda. Demikian tips konsultan minimarket. Salam sukses.

No comments:

Post a Comment

Link List

Blog Masterminimarket
Jasa Konsultan Minimarket
EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!